Selasa, 01 Mei 2012

ARTI PUNK



Punk mempunyai arti kebebasan. Maksudnya adalah bebas dalam mengekspresikan sesuatu. Atittude/sikap yang lahir dari sifat memberontak, marah, benci dan tidak puas hati, nah dari sifat inilah lahir nya punk.
Kenapa bisa ada komunitas punk? Pada awalnya mereka terlahir karena budaya, kaum pekerja yang terdekriminasi oleh keadaan sosial dan pihak pemerintah tidak berpihak sama sekali terhadap kaum kecil. Namun perlahan, mereka kemudian menuangkan kekecewaannya terhadap sosial, khususnya permasalahan ekonomi pada bentuk yang lebih luas.
Dari rasa tidak puas dan marah pada pemerintah yang suka menindas kaum kecil, punk mengungkapkan bentuk protesnya dengan gaya  musik yang bernada keras dengan kata sederhana namun sangat menusuk, dan bebagai gaya berpakaian yang urakan, dan gaya rambut yang bermacam-macam dan terkesan ekstrem.

Punk menciptakan gaya berpakaiannya sendiri. Biasanya mereka mengenakan jaket kulit atau levis, celana berbahan denim yang ketat, baju yang semakin lusuh dan disobek bagian kerahnya justru semakin terlihat hebat. Ditambah lagi dengan sepati model boots. Dan aksesoris yang digunkan berupa kalung yang berliontinkan taring babi, gelang seperti duri, dan ikat pinggang yang berbetuk rantai dan ring.
Gaya berpakaian mereka juga bukan sekedar pakaian biasa tetapi pakaian yang dipenuhi dengan emblem-emblem yang melambangkan anti kemapanan dan anti sosial. Semua itu diakibatkan dai keadaan yang mereka anggap sangat tidak berpihak pada mereka.
Gaya punk yang seperti itu membuat arti punk di masyarakat  menjadi sangat buruk. Mereka sering dianggap perusuh, pemabuk perat, dan begundal yang biasanya hanya berbuat rusuh. Sebenarnya tidak semua punk seperti itu yang seperti itu bukan punk yang sebenarnya itu hanyalah punkstreet yang tidak tau arti punk. Apabila tidak ada yang mengusik mereka, punk juga tidak akan membuat kerusuhan dan juga tidak akan menggangu mereka. Banyak punk-punk yang justru berkarya dan melakuakan hal baik dalam hidupnya.
Mereka hanya menciptakan lagu yang berbentuk protes. Mereka banyak bercerita tentang ketidakpuasan terhadap keadaan politik, sosial, ekonomi, agama, ideologi, dan budaya. Dan banyak dari masyarakat menyukai dan membenarkan lagu-lagu yang mereka hasilkan.

Punk juga mempunyai gaya rambut yang tidak kalah ekstrem dari gaya berpakaian. Gaya punk pada awalnya dianggap urakan pada akhirnya justru terkenal dikalangan masyarakat dan tidak jarang pula artis bergaya punk. Gaya berpakaian, potongan rambut dan tingkah laku yang terkesan ekstrem. Mereka berani mencukur habis rambut mereka dan hanya menyisakan pada bagian tengah yang dibentuk seperti sirip ikan.
Belum lagi warna mencolok yang ditambahkan kerambut mereka yang semakin menambah kesan ekstrem pada kepala mereka.gaya rambut seperti itu dikenal dengan nama mohak. Para punk wanita pun tidak jarang yang membentuk gaya rambutnya dengan potongan mohak. Bukan cuma mohak saja gaya rambut mereka ada juga gaya rambut ala rambut feathercut dan tidak lupa dengan warna yang mencolok sehingga menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

0 komentar:

Follow

HISTATS

VIEW

free counters

BLOG Konco

caturmama ingin tahu